INTERMESO

Halo Gaess TechnoKuy!, kali ini mari kita ulas bersama  produk yang kekinian banget (*eh gak juga sih) mungkin di kalangan audiophile aja deh. *disclaimer: jangan terlalu percaya sama ulasan kuping kaleng saya ini, lebih percaya deh sama kuping klean masing masing :p.

TWS ( True Wireless Speaker ) atau *translate: Stereo Nirkabel Sejati  gampangnya sih Bluetooth earphone ya, mungkin sebagian yang baca ini sudah mengerti atau bahkan lebih mengerti deh apa itu TWS. dulu pada awal masa jayanya Bluetooth earphone masih punya sambungan kabel antar earphone kiri dan kanan, berkembangnya teknologi saat ini, perkabelan sudah dipangkas, hingga kesannya earphone lebih clean ya. Mungkin agar lebih berbeda maka bluetooth earphone yang gaada kabelnya sama sekali ini dinamakan True Wireless Speaker #CMIIW. *dah ya gaess sampai disini aja ulasan nya (yeilah maksudnya sampe disini penjelasan singkatnya).

TWS BLUEDIO HI HURRICANE

Kali ini TWS yang saya ulas yaitu dari brand  bernama “BLUEDIO”, bagi klean yang sudah lama di dunia Darkweb (eh Audio) *receh dah sorry, pasti dah sering denger brand (BLUEDIO) ya, dari headset, Headphone, in ear monitor (IEM) hingga Speaker bluetooth. Bagi fanboy *sebelah mungkin lebih terkenal di produk (Airpods) nya, dengan segala kelebihanya apalah daya daku si kere tapi maunya Hore 😊. Mungkin TWS Bluedio ini bisa jadi pilihan yang mungkin tepat bagi klean.

Bluedio Hi Hurricane ini saya dapetin di harga < 180k loh gaess, tau lah E-commerce tuh suka ngasih bahagia berlebih bagi si kere ini, gimana enggak coba, bandrol harga dari Bluedio nya sendiri tuh kisaran > 200k keatas loh. Bicara soal Earphone ini build quality nya kerasa sih plastik everywhere, untuk earphone nya sih masih better looks buat gaya gayaan, tapi ya charging case nya loh plastik sekaleeh, mana ini charging case bulky naudzubillah, pokoknya kalo fanboy airpods lewat nunjukin charging case nya, kita tuh berasa engkongnya *hehe.

Untuk impressi pemakaian dan sound quality kita cek nanti dibawah ya gaess, Mari kita lihat dulu Technical Spesification sebagai berikut :

  • Brand / Type : Bluedio / Bluedio Hi Huricane
  • Bluetooth Version : Bluetooth 5.0
  • Frequency Range : 2.4 GHz – 2,48 GHz
  • Support Protocols : A2DP, AVRCP, HSP, HFP
  • Frequency Response : Range 20 Hz – 20 KHz
  • Standby time : (katanya sih) 1000 Hours
  • Music / Call Time : ± 5 until 6 Hours
  • Charging Time : ± 1 Hours for earphone, ± 2 Hours for Charging Case
  • Input Voltage / Current : 5V / > 100mA
  • Output Power : 7mW + 7mW
  • Brand / Type : Bluedio / Bluedio Hi Huricane
  • Bluetooth Version : Bluetooth 5.0
  • Frequency Range : 2.4 GHz – 2,48 GHz
  • Support Protocols : A2DP, AVRCP, HSP, HFP
  • Frequency Response : Range 20 Hz – 20 KHz
  • Standby time : (katanya sih) 1000 Hours
  • Music / Call Time : ± 5 until 6 Hours
  • Charging Time : ± 1 Hours for earphone, ± 2 Hours for Charging Case
  • Input Voltage / Current : 5V / > 100mA
  • Output Power : 7mW + 7mW

UNBOXING

Pertama Kali unboxing, yang pertama saya ucapin sih ini earphone Bulky banget dah *hehe diluar expectasi saya fikir bakalan imut – imut size nya. Isi di dalam nya yang bakal  kalian dapetin di paketan boxnya, yaitu :

Usb Cable (yang ternyata sudah USB Type C)

Kitab Suci (petunjuk Penggunaan)

Eartips (karet) Cadangan

Charging Case, dan

TWS Earphone nya.

Dengan harga kere segini udh bisa dapetin TWS Earphone yang pake cable kekinian Type-C sih menurut saya steal deal banget dah, apalagi kemarin waktu beli pas acara promo promo dari E-Commerce online shopping, wuih mantep banget dah.

FITUR

TWS Earphone dari Bluedio ini masih pakai tombol fisik, diantaranya ada satu tombol fisik di tiap earphone (di kiri dan kanan), dan satu tombol fisik lagi di Charging case nya. masing masing tombol mempunyai kegunaan yang berbeda, dimana tombol fisik di charging case berguna untuk menghidupkan bluetooth si earphone agar bisa di sambungkan, namun ketika si earphone nya sudah pernah tersambung, kita pasangkan langsung kekuping earphone bakal langsung otomatis pair sama device kita itu, cukup memudahkan bukan.

Nah kalau tombol fisik di earphone nya Satu Klik berfungsi untuk menjeda lagu/musik atau video yang sedang diputar, Hold Satu Klik untuk mematikan earphone, , Dua Klik (device kiri) berfungsi untuk forward atau next track, sedangkan Dua Klik (device kanan), berfungsi untuk backward atau previous track, dan terakhir Dua Klik Hold  untuk mengaktifkan vitur assistant voice dari handphone.

IMPRESI

 Fitting di Kuping pas banget enak pokoknya (kaya indome yang dimakan pas lagi cuaca dingin) *eh, fitting yang gak bikin sakit ke kuping dan juga gak bikin panas ke kuping, sudah diuji juga saat dipakai aktivitas yang berat dan banyak gerak si earphone msh kuat bertahan di hati (ceilah di kuping atuh), cocok buat yang sport bangetmah dah. Kalau soal suara sound reproduction dan quality nya sih menurut kuping kaleng saya cukup jempolan, mengingat harganya juga yang sangat sangat baik.

Untuk karakternya sih maybe menjurus ke warm ya earphone ini, Detail nya cukup kerasa, contohnya kalo sering denger musik di handphone berasa kurang lengkap, kalau pakai earphone ini muncul suara suara yg tidak pernah terdengar selama ini, mantap pokoknya, untuk Vocal sih mantap, dipakai untuk dengerin musik akustik sound nya berasa mantap, gak mendem dan gak kalah sama detail lain, Bass menurut kuping sayang sih kurang nikmat, tapi masih diatas rata rata, kesseringan pake earphone yang lebih ajib bass dan lainya jadi earphone ini berasa kurang aja kalo menurut kuping kaleng saya *hehe, untuk Treble soundnya oke loh saya bisa nikmatin, kuping gakan terserang rasa pedih dari high yang keterlaluan pedes. kalau dibikin bagan, mungkin saya bisa describe in seperti ini :

Bass

Mid / Vocal

Treble

KESIMPULAN   

Kesimpulan untuk ulasan kali ini, saya sebagai penulis merekomendasikan TWS Earphone Bluedio ini bagi siapapun pecinta musik dengan budget minimal yang ingin merasakan transisi dari earphone berkabel menjadi bluetooth, karena dengan harga yang kere kita bisa dapetin kualitas earphone yang oke, kuat , banyak fitur, dan kekinian dengan USB C. Apalagi bagi sport people, untuk olahraga dan aktivitas cukup berat, ini cocok banget karena ketika digunakan simple tanpa kabel yang dapat mengganggu penggunaan dan aktivitas olahraga.

Kelebihan
  1. Harga Kere dengan sound yang Hore.
  2. Konektivitas Bluetooth 5.0 ( Membuat minim Latency saat dengar musik ataupun bermain game).
  3. USB Type – C Kabel yang lebih kekinian, dan lebih cepat charging.
  4. Garansi 6 Bulan, untuk earphone yang saya beli.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KEKURANGAN
  1. Kehilangan fitur Volume Up & Down pada Earphone (jadi masih harus buka handphone saat adjust volume..
  2. Saat dicoba bermain game, sound yg diterima dan dikeluarkan terlalu kecil.
  3. Tidak ada indikator sisa baterai pada charging case, hanya ada 1 Lampu LED yang dapat menunjukan baterai penuh pasa saat di charge.