Selamat malam semuanya, Kali ini saya akan mengulas tentang coffee shop berkonsep kekinian menarik bagi para pecinta kopi yaitu Reformasi Coffee Shop atau yang lebih dikenal dengan nama”KOPI LAIN HATI”. Alasan saya untuk mereview coffee shop ini karena selain lokasinya yang dekat dengan tempat tinggal saya, kesan dari minuman ini sangat memuaskan saya sehingga saya ingin mereview coffee shop ini. Untuk lokasinya sendiri, Coffee Shop ini berlokasi di jalan Cempaka Putih no 147, Cempaka Putih Timur yang lebih dikenal dengan nama Taman Solo. Saat ini, Reformasi Coffee Shop sudah memiliki kurang lebih 50 cabang di jakarta. 

Untuk konsepnya, sebenarnya coffee shop ini hampir mirip dengan coffee shop kebanyakan. Tetapi, yang membuatnya sedikit berbeda dengan coffee shop lainnya adalah nama produk dari kopi yang dijual di tempat ini yang cukup unik. Untuk tempatnya sendiri, Coffee shop ini bisa dibilang cukup luas dan nyaman dengan bagian indoor yang cukup nyaman untuk mengerjakan tugas dan rapat karena selain ber AC, koneksi Wifi juga disediakan di tempat ini sehingga pengunjung betah untuk berlama-lama di tempat ini. Sedangkan untuk outdoornya bisa dibilang cukup enak tetapi dengan suasana yang dekat dengan jalan raya, rasanya kurang nyaman saja untuk menghabiskan waktu lebih disana. Selanjutnya, saya akan menunjukkan daftar menu dari coffee shop Reformasi dan impresi saya tentang cafe ini.

Daftar Menu :

Kopi panas
1. Kopi Lajang
2. Kopi LDR
3. Kopi Mandor
4. Kopi Bucin

Es Kopi
1. Es Kopi Main Hati
2. Es Kopi Ketus
3. Es Kopi Lajang
4. Es Kopi LDR
5. Es Kopi Valakor
6. Es Kopi Duda Keren
7. Es Kopi Tikung
8. Es Kopi Gemas
9. Es Kopi Cemburu
10. Es Kopi Advokat
11. Es Kopi Baper

Es Tanpa Kopi
1. Es Kenyal
2. Es Patah Hati
3. Es Cuek
4. Es Lekat
5. Es TTM
6. Es Rumpi

Untuk menu dari coffee shop ini, jenis minuman kopi tidak banyak pilihan. Tetapi, untuk jenis minuman non coffee sangat banyak sekali. Nah ini yang saya maksud sebagai pergeseran tren coffee shop tadi. Pada beberapa tahun yang lalu kopi adalah menu yang utama atau bisa di sebut bahan utama pada coffee shop. Namun tren saat ini sepertinya terbalik. Kopi menjadi produk campuran, meski memang ada menu kopi murni namun ketika saya survei data penjualan di kasir, minuman kopi murni sendiri termasuk yang kurang laku. Bisa dibilang, saat ini tren coffee shop sudah mulai berubah.

Kemudian dari segi harga, Coffee Shop ini memiliki harga yang relatif murah dan cukup terjangkau bagi para penikmat kopi. Contohnya adalah kopi yang saya minum ini adalah Kopi Main Hati yang berharga Rp. 18.000 saja. Kemudian, untuk Kopi Main Hati yang saya minum ini merupakan kopi yang memiliki campuran dengan gula aren dan susu sehingga rasanya manis dan segar sehingga membuat mata saya kembali segar setelah bekerja seharian.

Selanjutnya untuk fasilitas dari coffee shop ini adalah :
1. Free wifi
2. Toilet
3. Mushola
4. Live music untuk hari jum’at-minggu

3 ruangan berbeda.
1. Outdoor
2. Indoor (AC, no smoking)
3. Indoor (lantai 2, semoking, lesehan)

Kemudian, kekurangan dari produk yang pada menu di beri nama MAIN HATI, menurut saya pribadi takaran gula arenya kurang. Karna pada dasarnya saya suka minuman manis, mungkin saja pas untuk anda yang tidak terlalu suka manis. Untuk masalah tempat, karna tiap cabang berbeda ukuran jadi saya hanya mengulas tempat yang saya kunjungi saja, yaitu KOPI LAIN HATI di cabang cempaka putih.

Mungkin itu saja ulasan saya tentang KOPI LAIN HATI. Semoga ulasan ini bermanfaat. Jika ada kurang, sobat KuyUlas bisa bantu tambahkan komentar di bawah. Terus nantikan ulasan-ulasan menarik selanjutnya dan trima kasih telah berkunjung di KuyUlas.

KOPI LAIN HATI di suguhkan dengan kemasan yang praktis yaitu cup yang diatasnya di tutup dengan plastik diminum dengan sedotan. Secara design KOPI LAIN HATI tidak terlalu berbeda dengan kompetitornya. Kemudian terdapat gambar-gambar ilustrasi pada kemasan yang saat ini sedang ramai di berbagai sosmed. Dan minuman yang dipesan ditulis nama si pembelinya.

Sedangkan untuk Cafenya sendiri, saya cukup nyaman dengan tempatnya karena tempatnya cukup luas dan bersih, terutama di bagian indoornya yang cukup dingin yang menambah nikmatnya ketika menyeruput kopi yang kita pesan dan mengerjakan tugas kantor/kuliah.  Selanjutnya saya akan memberikan sedikit gambar mengenai coffee shop dan menjelaskan mengenai menu yang ada di sana.

Toni Jupanto

Kontributor "Kopi Lain Hati"