Kopi Siger: Ketika Pahit dan Nikmat Menjadi Satu

oleh | Sep 9, 2019 | Makanan dan Minuman | 0 Komentar

Kopi Lampung Siger

Hai, para penikmat kopi! Pada kesempatan kali ini, saya akan memperkenalkan kopi tubruk lokal kemasan kecil. Saya memang menyukai kopi sejak SMA. Kesukaan saya terhadap kopi dipengaruhi oleh teman-teman dekat saya. Ketika sedang berkumpul dengan teman-teman dekat, kopi menjadi minuman yang selalu dipilih oleh mereka. Mau tidak mau, saya terpaksa mencicipinya dan akhirnya menikmatinya. Pada awalnya, saya hanya ‘join’ kopi teman. Seiring berjalannya waktu, saya sering meracik kopi sendiri di rumah. Jika sehari tidak ngopi, saya akan merasa sedikit pusing.

Saya pertama kali mencicipi Kopi Lampung Siger ketika mengunjungi kediaman saudara saya di Lampung. Saudara saya menyuguhkan kopi hitam yang beraroma sangat kuat dan khas. Kopi ini tidak seperti kopi-kopi lain yang pernah saya nikmati. Saya langsung teringat bahwa Lampung merupakan pengekspor kopi terbesar di Indonesia. Tanpa basa-basi, saya menanyakan merek kopi yang saya minum. Nama merek kopi ini adalah Kopi Lampung Siger. Kopi lokal ini hanya beredar di Lampung. Berikut ini kemasannya.

Kemasan

Desain kemasan Kopi Lampung Siger sedikit berbeda dari kemasan kopi-kopi yang beredar di pasaran. Kemasannya persegi panjang dengan warna dominan hitam dan ornamen biji kopi di seperempat kemasan. Kopi Lampung Siger berisi 50g bubuk kopi murni. Jika kita menginginkan rasa manis, kita harus mencampur gula sendiri saat menyeduhnya. Satu kemasan kecil kopi ini bisa didapatkan dengan harga Rp 2.000 rupiah saja. Setahu saya, Kopi Lampung Siger hanya didistribusikan di daerah Lampung saja sehingga akan sulit menemukannya di luar Lampung.

Rasa

Pada kemasannya, kopi ini tidak mencantumkan jenis kopi yang digunakan. Saya mencurigai kopi ini berjenis Robusta karena memiliki bau yang sedikit apek serta terasa pahit dan kecut. Hidung pecinta kopi pasti tidak sulit membedakan aroma bubuk kopi Robusta, Arabica, dan blend.

Ada satu hal yang mengganggu saya ketika mencicipi kopi ini. Menurut saya, ampas Kopi Lampung Siger lebih banyak daripada ampas kopi tubruk lainnya. Ampas kopi tersebut cukup mengganggu. Saran saya, ampasnya disaring terlebih dahulu supaya kalian lebih menikmatinya.

Rasa Kopi Lampung Siger sangat kuat. Rasa kecut, pahit, dan asam bergabung menjadi satu. Saya pribadi memang pecinta kopi Robusta, sehingga langsung menyukainya. Namun, kopi ini tidak cocok bagi kalian yang tidak suka kopi Robusta. Pada intinya, kopi ini cocok untuk kalian yang benar-benar membutuhkan tantangan di lidah.

Kelebihan

Rasa kopi kuat

Kekurangan

Aroma kopi sedikit apek

Rasa kecut yang berlebih

Hanya dijual di Lampung

Nilai Keseluruhan

Toni Jupanto

Toni Jupanto

contributor