Intermeso

Halo sobat! Selamat datang kembali di KuyUlas, situs yang mengulas berbagai jenis produk di seluruh penjuru bumi. Sobat mungkin ada yang suka dengan musik? Atau bisa memainkan alat musik? Nah, kali ini saya akan mengulas alat musik. Di era digital saat ini banyak alat musik digital. Salah satunya “iRig MIDI Keyboard Controller 37 mini-keys” dari IK Multimedia. Berikut di bawah ini wujud keyboard controller (mini piano) tersebut:

 

 

Ulasan

Nah kenapa saya membeli mini piano ini? Mini piano dapat dijadikan sebagai alternatif untuk sobat KuyUlas yang memiliki dana terbatas untuk membeli piano yang lebih besar. Jangan khawatir, kualitas suara mini piano ini tidak kalah dari piano yang lebih besar. Namun, mini piano ini tidak memiliki output suara (speaker).

Jadi harus di sambungkan ke PC/laptop dengan menginstall software atau aplikasi seperti Gerage band, Grand piano, FL studio dan lain sebagainya. Mini Piano ini memiliki 37 tuts. Dan berdasarkan namanya (mini) piano ini memang sangat kecil sekali, ukuran panjangnya sekitar -/+ 40cm dan tinggi sekitar -/+ 10cm. Fleksibel pokoknya bisa di bawa kemana-mana sampai suatu ketika pernah saya masukan ransel dan saya bawa ke tempat teman untuk bermain musik bersama.

 

 

Sekarang saya jelaskan dulu tombol-tombol yang ada di mini piano ini. Di paling kiri namanya ‘pitch’, bukan tombol melainkan seperti uliran. Fungsinya untuk lead. Kemudian, di sebelahnya ada uliran yang sama namun fungsinya untuk mengatur panjang dan pendeknya suatu nada. Ke bagian atas ada volume, set, octave, dan program. Tombol octave berfungsi untuk meninggikan nada.

Kesan pertama menggunakan mini piano ini adalah perasaan aneh. Karena kecil sekali rasanya jari seperti memainkan pianika. Tutsnya juga kecil. Namun seiring berjalannya waktu, jari mulai terbiasa. Sensitivitas tuts mini piano ini memang tidak seresponsif piano asli. Perlu sedikit tekanan jari saat memainkanya. Namun jika nanti sudah terbiasa pasti enak kok. Tenang saja!

Mengenai harga, saya harus merogoh kocek Rp1.449.000,00 untuk membeli mini piano ini. Hm, mahal juga ya? Namun karna saya puas dengan produk ini tak apalah mengeluarkan uang sebesar itu untuk hobi. Karna bermusik itu bisa menghilangkan stress. Mini piano ini saya dapat di tokopedia nama akunya “Dave Audio”, buat kalian yang berminat langsung saja kunjungi tokopedia atau E-commerce lainya.

 

Kesimpulan

SekiaSn review singkat “iRig MIDI Keyboard Controller 37 mini-keys” semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian. Jangan lewatkan review produk selanjutnya hanya di KuyUlas.com untuk mengetahui kesan terhadap produk sebelum mengkonsumsinya. Terima kasih!

 

Kelebihan

Fleksibel

Ringkas, muat dimasukan tas

Harga lebih murah dari piano non digital

Bisa berfungsi sebagai alat musik lain (softwere)

 

Kekurangan

Bentuk Kecil

Tuts hanya 37

Jarak jari saat memainkan terlalu rapat

%

Nilai Keseluruhan

Toni Jupanto

Kontributor