Arduino UNO, Si Biru Kecil Serba Bisa

oleh | Sep 9, 2019 | Hardware, Teknologi

Halo, teman-teman technocrat hari ini saya akan mengulas salah satu alat yang sudah tidak asing bagi teman-teman yang hobi mengembangkan sebuah alat menjadi otomatis. Pasti teman-teman sudah tahu, kan? Ya, hari ini saya akan mengulas sebuah alat bernama Arduino ,si biru yang serba bisa. Teman-teman yang gemar robotika atau developing system pasti sudah mengenalnya.

  Arduino UNO

Spesifikasi

MicrocontrollerAtmega328P
Tegangan Operasional5V
Tegangan Input7-12V (recommended)
Tegangan Input6-20V (limit)
Pin Digital I/O14 Pin
Pin Digital PWM6 Pin
Pin Analog6 Pin
Arus DC per pin I/O 20mA
Memori Flash32 KB
SRAM2 KB
EEPROM1 KB
Clock Speed16 Mhz
Panjang68.6mm
Lebar53.4mm
Berat25 g

Apa itu Arduino ?

Arduino adalah sebuah perangkat elektronika yang biasa disebut microcontroller (pengontrol kecil). Alat ini berfungsi sebagai pengontrol atau otak  dari berbagai peralatan elektronika yang kita kenal saat ini. Arduino sendiri sering digunakan dalam berbagai bidang, seperti bidang robotika, bidang IoT (Internet of Things), dan juga bidang otomasi.

Ilustrasi Sistem Arduino

Kegunaan

Arduino berfungsi sebagai pusat setiap pengontrolan alat elektronik yang nantinya akan dibuat. Kita dapat memberikan berbagai macam perintah ke Arduino. Arduino juga dapat memproses dan mengeksekusi perintah sesuai keinginan kita. Selain itu, Arduino mampu merekam data-data untuk keperluan tertentu. Arduino sendiri telah menjangkau berbagai kalangan, mulai dari pelajar hingga para developer alat-alat elektronika tertentu. Arduino sangat berperan dalam dunia robotika, seperti pembuatan robot sederhana hingga kompleks.

Robot dengan Arduino

Gambar tersebut adalah contoh dari pengaplikasian Arduino dalam dunia robotika. Arduino juga digunakan dalam fungsi monitoring, khususnya konsep smart house. Arduino berperan sebagai otak dari konsep smart house yang kita buat.Contohnya, lampu teras yang menyala saat sore secara otomatis atau penyiram tanaman otomatis.

Software

Sebuah controller pasti membutuhkan perintah untuk menjalankan tugasnya. Sebagai user, kita bertugas untuk memberikan perintah kepada Arduino melalui software yang bernama Arduino IDE. Software ini open source lho alias gratis, jadi kalian bisa download di website Arduino secara cuma-cuma tanpa harus crack atau membeli lisensi.

Coding! Mungkin di benak kalian coding itu susah, pusing, dan membosankan. Ada kabar bahagia buat teman-teman. Bahasa pemograman yang digunakan oleh Arduino bukan hanya sebatas bahasa C biasa yang pada umumnya sering kita gunakan untuk melakukan coding. Namun, bahasa pemograman Arduino merupakan bahasa C yang sudah dipermudah lagi, sehingga dapat dimengerti oleh teman-teman yang masih pemula dalam dunia pemograman.

Contoh program dengan Arduino

Nah, itu adalah contoh program yang saya buat menggunakan software Arduino IDE dengan Arduino UNO sebagai perangkat saya. Perintah yang saya buat adalah menyalakan sebuah lampu selama 5 detik lalu mematikan lampu tersebut selama 5 detik. Coding yang saya buat sangat sederhana. Kita hanya mendeskripsikan pin yang akan digunakan beserta perintah terkait perangkat yang akan kita kontrol. Jadi teman-teman technocrat tunggu apalagi? Pasti kalian sudah tidak sabar kan untuk mengembangkan alat atau sistem menggunakan Arduino. Ayo beli Arduino dan segera kembangkan kreativitas kalian dalam membuat suatu hal yang bebeda dari yang lain.

Kelebihan
  • Kelebihan :
  1. Software Open Source, software open source menjadikan salah satu alasan para developer memilih Arduino sebagai mikrokontroller yang akan mereka gunakan, karena kita tidak perlu takut repot-repot melakukan crack dan kita tidak perlu takut nantinya akan terkena masalah lisensi kedepannya.
  2. Serbaguna, Arduino UNO ini walaupun pun memiliki ukuran yang kecil tetapi memiliki fungsi yang segudang, kita dapat mengontrol apapun menggunakan Arduino UNO mengingat banyaknya aksesoris yang dapat digunakan guna menambah fungsi dari Arduino UNO contohnya modul bluetooth yang dapat memberikan akses Arduino ke smartphone kita dan juga ethernet shield yang memungkinkan Arduino kita terkoneksi dengan internet sehingga kita dapat melakukan monitoring melalui web.
  3. Cocok bagi Pemula, Arduino UNO ini sangat cocok bagi para pemula yang ingin belajar mikrokontroller ataupun belajar coding, ini dikarenakan banyaknya para developer yang sudah menggunakan Arduino sehingga banyak contoh-contoh project yang dapat kita ikuti maupun modifikasi, selain itu pada software Arduino juga dilengkapi dengan beberapa contoh program yang dapat kita gunakan, sehingga memudahkan kita dalam proses pembelajaran.
  4. Harga terjangkau, harga dari Arduino UNO yang original berkisar Rp 500000 tetapi kita dapat menggunakan Arduino clone dari Italy seharga Rp 130000 sedangkan adapun Arduino yang di clone dari Cina yang banyak dijual dengan harga Rp 50000-Rp100000 tetapi bedanya Arduino clone  dari Cina ini kita diharuskan mendownload lagi drivernya agar Arduino dapat terbaca di PC kita.
Kekurangan
  • Kekurangan :
  1. Pin I/O yang terbatas, pin I/O pada Arduino sangat terbatas sehingga apabila kita memerlukan lebih banyak pin I/O maka kita harus membeli Arduino yang versinya diatas Arduino UNO yaitu Arduino MEGA.
  2. Belum standar industri, Arduino sendiri lebih sering digunakan untuk robot skala belajar maupun perlombaan, dan juga untuk smart house tingkat awal, ini dikarenakan Arduino masih dianggap kurang mampu apabila digunakan untuk pengontrolan dalam skala besar.

Nilai Keseluruhan

Ricky B Ramadhan

Ricky B Ramadhan

Kontributor